Cara Membuat Blog WordPress Offline

Cara Membuat Blog WordPress Offline

Biasanya aktivitas blogging dilakukan online. Namun, kali ini saya akan membahas bagaimana aktivitas blogging yang dilakukan secara offline. Banyak keuntungan melakukan aktivitas blogging secara offline ini. Salah satunya adalah kamu tidak memerlukan koneksi internet. Selain itu, kamu juga tidak perlu membeli domain dan hosting sebagaimana aktivitas blogging online lazimnya.

Beberapa kasus, seseorang sangat membutuhkan ngeblog offline ini. Salah satunya apabila ingin membuat WordPress theme. Maka tidak mungkin dia harus repot-repot online, karena localhost jauh lebih nyaman daripada online.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk dapat menikmati blogging menggunakan WordPress secara offline. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Download dan Install XAMPP


Untuk melakukan blogging secara offline, kita membutuhkan web server yang terpasang di komputer. Untuk itu kita memerlukan XAMPP yang melayani web server dan juga database yang nantinya dibutuhkan untuk instalasi WordPress. Aplikasi XAMPP ini gratis, kamu bisa men-download-nya di situs resmi XAMPP. XAMPP ini juga tersedia untuk Windows, Mac OS, dan Linux. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhanmu.

Setelah selesai download, install XAMPP di komputermu. Untuk Windows, klik ganda installer XAMPP-nya. Lalu ikuti petunjuk selanjutnya, klik Next dan Next. Untuk Mac OS, klik installer .dmg lalu pindahkan XAMPP ke folder Applications. Untuk Linux bisa kamu baca dokumentasi instalasinya di situs resminya.

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan XAMPP. Jalankan aplikasi di komputermu. Untuk Windows dan Mac OS, klik dua kali program XAMPP; secara otomatis akan muncul window aplikasi XAMPP. Lalu aktifkan Apache dan MySQL. Jika sudah aktif, buka browser lalu ketik URL: localhost atau 127.0.0.1. Biasanya kamu akan dibawa ke halaman seperti di bawah ini.

XAMPP for Mac OS

Untuk pengguna Linux, mengaktifkan XAMPP melalui Terminal dengan command line:sudo /opt/lampp/lampp start.

2. Download WordPress

WordPress adalah CMS blog yang paling digandrungi oleh banyak pengguna blog di dunia. WordPress ini bisa kamu dapatkan secara gratis di situs resminya. Untuk men-download WordPress, kamu bisa ikuti tautan ini. Kemudian pilih Download WordPress 3.6.1 (versi terbaru) seperti gambar di bawah ini.

Download WordPress

Sebenarnya kamu bisa men-download WordPress versi sebelumnya, namun saya sarankan untuk men-download versi terbaru. Hal ini agar kamu bisa menikmati fitur-fitur terbaru yang disediakan oleh WordPress.

3. Buat Database dan User

Setelah mengaktifkan XAMPP dan men-download WordPress, langkah selanjutnya adalah membuat database dan user-nya. Caranya amatlah mudah. Di browser, ketik URL:localhost/phpmyadmin. Kamu akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

phpmyadmin

Setelah tampilan itu muncul, buatlah database untuk blog WordPress offline-mu. Caranya adalah dengan Create new database. Misalkan nama database-nya adalahblog_db. Kemudian klik Create.

blog_db

Jika berhasil membuat database, akan muncul notifikasi seperti di bawah ini.

Database Berhasil Dibuat

Langkah selanjutnya adalah membuat user untuk mengakses database blog_db yang telah dibuat. Klik pada tab Privileges. Klik Add new User. Lalu isi form sesuai yang dicontohkan di bawah ini.

Priviledge

Add new User
Isi form seperti di bawah ini. Password: masuk. Sebenarnya kamu bisa menggunakan password lainnya. Namun di tutorial kali ini saya menggunakan password masuk agar lebih mudah dimengerti.

Form New User

Pilih Check All lalu klik Go.

Check All - Go
Jika berhasil akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini.

Notifikasi Berhasil

4. Install WordPress

Untuk melakukan instalasi WordPress, pertama ekstrak paket WordPress yang sudah di-download sebelumnya. Untuk Windows, folder XAMPP biasanya berada di C:\XAMPP. Telusuri hingga C:\XAMPP\htdocs\ lalu buat folder dengan nama "blog". Copy-paste isi folder WordPress ke C:\XAMPP\htdocs\blog\.

Untuk Mac OS, biasanya berada di folder /Applications/XAMPP/htdocs/, lalu buat folder dengan nama "blog". Copy-paste isi folder WordPress ke folder tersebut. Untuk Linux, biasanya berada di folder /opt/lampp/htdocs/. Lakukan hal serupa seperti di Windows dan Mac OS.

Folder Blog XAMPP

Kemudian, rename wp-config-sample.php menjadi wp-config.php. Kemudian buka filewp-config.php. Lakukan perubahan seperti di bawah ini.

Sebelum

Sesudah

Kemudian tekan Ctrl. S untuk menyimpan perubahan.

Langkah selanjutnya adalah buka browser, lalu ketik URL: localhost/blog/. Kamu akan di-redirect ke halaman localhost/blog/wp-admin/install.php. Isilah sesuai kemauanmu. Berikut adalah tampilannya form yang harus diisi.

Install WordPress

Kemudian klik Install WordPress. Setelah itu akan muncul notifikasi Success! seperti gambar di bawah ini.

Success!

Instalasi WordPress offline di komputer kamu sudah selesai. Selanjutnya adalah mulai melakukan aktivitas blogging offline. Klik Log in untuk memulainya.

5. Mulai Ngeblog dengan WordPress

Sekarang kamu sudah bisa mulai ngeblog offline dengan WordPress. Masukkan username dan password, lalu klik Login.

Login WordPress

Selanjutnya kamu akan diarahkan ke Dashboard WordPress seperti di bawah ini.

Dashboard WordPress

Selamat ngeblog offline :)

PERHATIAN

Jika anda ingin menyebarluaskan artikel tentang Cara Membuat Blog WordPress Offline dimohon untuk mencantumkan link sumbernya ke halaman ini
http://artikelblog354.blogspot.com/2014/02/cara-membuat-blog-wordpress-offline.html.
Karena artikel ini dilindungi oleh : DMCA Protected.
Terima Kasih Atas Pengertiannya. Sukses Selalu !!

By Fauzul Fadli

0 Response to "Cara Membuat Blog WordPress Offline"

Posting Komentar